Data Realtime Stasiun Pasut Permanen

Online Tide Prediction

Service Real Time Tidal Observation / Pengamatan Pasang Surut Real Time

Pengamatan pasang surut yang tersebar di 128 stasiun pasut akan kami shut down dari tanggal 26 April 2016, 00UTC, mengikuti kebijakan BIG yg tidak menganggap penting sistem referensi tinggi

Download file prediksi pasut yang lebih presisi di setiap stasiun pasut

Real Time Tidal Observation

Streaming data Real Time Tidal Observation Service/Layanan Pengamatan Pasang Surut secara Real Time yang tersebar di 138 stasiun pasut akan terhenti dari tanggal 15 Desember 2016, 00UTC, untuk sementara, menunggu proses migrasi layanan data dari setiap stasiun pasut. Diharapkan layanan data akan mulai aktif kembali, awal tahun 2017. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Consortium of Oceanic and Atmospheric Prediction

COAP didirikan sebagai penyedia data kelautan dan atmosfir yang andal dan dapat dipertanggungjawabkan, melalui LAS dan THREDDS Server.

THREDDS SERVER LAS Server

Aplikasi Geodesi

Estimasi sea level dengan resolusi dan presisi tinggi untuk koreksi geoid di stasiun pasut.

Aplikasi Klimat

Data hasil model dan observasi untuk studi kelautan, sea level rise, pasang surut, gelombang dan perubahan iklim.




Melakukan prediksi lintasan drifter merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Penyederhanaan fungsi numerik dengan menggunakan data arus permukaan, adalah salah satu pendekatan yang paling mudah dan mungkin hasilnya tidak berbeda jauh dengan kondisi di lapangan. Maka, prediksi lintasan drifter akibat arus dan angin permukaan 10m dilakukan dengan menggunakan data arus permukaan hasil model prediksi sirkulasi dan tinggi gelombang laut dari skala global sampai regional. Sirkulasi laut dan tinggi gelombang pada skala global dihitung dengan menggunakan HYCOM dan Wavewatch III.

Prosedur dan metode nesting digunakan untuk menghitung sirkulasi dan tinggi gelombang laut pada skala regional dengan menggunakan data kondisi batas luaran model global. ROMS dan SWAN, masing-masing untuk sirkulasi dan tinggi gelombang laut regional, yang dijalankan secara bersamaan (coupled). Selanjutnya, pertukaran data antar model, menggunakan SCRIP module dengan interval 30 menit. Lebih lanjut, komputasi model dilakukan dengan menggunakan personal HPC (High Performance Computing) yang berada di Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPIG) BIG. Sementara, perangkat lunak untuk visualisasi lintasan arus permukaan dan oil spills ini menggunakan kode sumber dari Alavai
Wilayah Inggris(Windows) Jawa(Windows) Inggris(Mac-OS) Jawa(Mac-OS)
Selat Karimata, Kep. Riau dan Malaka
Laut Jawa

Contact

Pusat Jaring Kontrol Geodesi dan Geodinamika

tides.big.go .id
Bidang Jaring Kontrol Gaya Berat dan Pasang Surut
Jl. Raya Jakarta-Bogor KM. 46
Cibinong 16911

Map